,مليسيا دان اسلام بوکن ميليک اورڠ ڤوليتيک
, مک ڤرجواڠن اݢام تتڤ دڤرجواڠکن اوليه اومت اسلام دري بيدڠ يڠ لاءين
سام اد كامي منڠ اتاو كامي ماتي

PERJALAN HAJI AKI


Thursday 9 March 2017

DUNIA MISTERI Korea Utara





Misteri kehilangan 4 wanita Malaysia sejak 1978 di Korea Utara

Harapan agar 4 wanita Malaysia yang hilang dan dipercayai berada di Korea Utara ditemukan semula.

Menurut Ketua Pemuda MCA, Datuk Chong Sin Woon, yang dipetik Free Malaysia Today, 4 wanita berkenaan dan seorang lagi wanita Singapura merupakan gadis pelayan (social escort) yang bekerja di atas sebuah kapal, dan terakhir ditemui pada Ogos 1978, sebelum kapal itu berlayar.

Mereka ialah Yeng Yoke Fun, 22, Yap Me Leng, 22, Seetoh Tai Thim, 19 and Margaret Ong Guat Choo, 19, manakala warga Singapura ialah Diana Ng Kum Yim, 24.

Pada 2005, keluarga kesemua wanita Malaysia itu pernah memohon bantuan Biro Pengaduan Awam MCA di bawah Datuk Seri Michael Chong.

Menurut Sin Woon, salah seorang daripada mereka, Yoke Fun, pernah ditemui seorang bekas tentera Amerika Syarikat yang berpaling tadah, Charles Robert Jenkins, bekerja di sebuah taman hiburan di Pyongyang pada sekitar 1980-1981.

Menurutnya lagi, Jenkins mengenal pasti Yoke Fun sebagai Ying Tai melalui tahi lalat di sebelah mata kirinya, malah memberikan nama sebenar Yoke Fun, Ying Tai, yang disahkan keluarganya.

Sukuukai, sebuah laman berbahasa Jepun yang melaporkan apa yang didakwanya penculikan rakyat Jepun di Korea Utara, turut menyenaraikan kelima-lima wanita itu.

Laman itu mendakwa rakyat dari beberapa negara lain termasuk Thailand, Lubnan, Jordan, Romania, Belanda dan Perancis juga dilaporkan hilang di Korea Utara, dan hampir kesemuanya berlaku pada lewat 1970-an.

Kes membabitkan wanita Malaysia itu mendapat perhatian di sebalik hubungan Malaysia-Korea Utara yang mula tegang sejak kedua-dua negara mewujudkan hubungan diplomatik pada 1973.

Ia susulan kematian Kim Jong Nam, abang tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, selepas diserang 2 wanita pada 13 Feb, dipercayai oleh pembunuh upahan Korea Utara, dakwaan yang ditolak Pyongyang sejak awal.


Korea Utara penuh misteri





korea

Kekurangan alat komunikasi moden di negara penuh rahsia, Korea Utara, menyukarkan kuasa Barat, terutama Amerika Syarikat untuk mendapatkan maklumat. Tetapi pada masa sama, Pyongyang sebenarnya cukup canggih untuk melancarkan perang siber.

Penjual burger Amerika Syarikat (AS), Robert Egan, antara individu yang tahu bagaimana Agensi Perisikan Pusat AS (CIA) terdesak untuk mendapatkan walau sedikit maklumat mengenai Korea Utara.

Ini kerana Egan kerap melayani diplomat Korea Utara di restorannya di Hackensack, New Jersey, sejak 15 tahun lalu dan pernah beberapa kali melawat Pyongyang, ibu negara Korea Utara.

Dia juga yang memberi maklumat mengenai pelanggannya dari negara Asia itu kepada pihak berkuasa AS.

Tidak cukup dengan itu, Egan pernah diarah untuk mengambil helaian rambut daripada baju mereka supaya AS boleh menggunakannya untuk mengesan DNA diplomat Korea Utara.

Menurut Egan, 53, agensi perisikan AS menggunakan ‘lelaki yang memasak burger’ untuk cuba memahami Korea Utara.

Peranan Egan sebagai duta rakyat itu menunjukkan betapa AS mahukan apa sahaja maklumat mengenai Korea Utara, negara dengan senjata nuklear yang dianggap paling sukar untuk diintip dan menjadi lohong hitam bagi semua agensi risikan.

Dan ini disahkan dengan bukti terbaru apabila agensi risikan AS tidak tahu bahawa pemimpin Korea Utara, Kim Jong-il, telah meninggal dunia pada 17 Disember lalu, sehingga 51 jam selepas kematiannya.

Washington hanya mengetahui mengenai kematian Jong-il apabila ia diumumkan di stesen televisyen Korea Utara.

Kini, AS sedang sibuk pula mencari pelbagai maklumat mengenai anak bongsu Jong-il, Kim Jong-un yang dinamakan sebagai pengganti pemimpin komunis itu.

Tidak banyak diketahui mengenai lelaki bertubuh montel itu selain dia berumur 27 tahun dan suka bermain permainan video.

Selain itu, di sebalik penggunaan satelit pengintip tanpa henti ke atas Korea Utara, agensi risikan AS juga terkejut apabila diberitahu oleh pegawai Israel pada 2007 bahawa saintis Korea Utara kononnya membantu Syria membina reaktor nuklear rahsia di kawasan gurun negara Arab itu.

Tentu sekali, walaupun tidak dapat dipastikan kesahihan dakwaan itu, Israel terus melancarkan serangan pengeboman ke atas tapak pembinaan loji nuklear di Syria itu selepas AS enggan melakukannya.

Bukan itu sahaja, AS juga langsung tidak tahu pegawai Korea Utara membawa saintis AS, Siegfried Hecker melawat loji pengkayaan uranium yang baru dibina di negara itu pada November lalu, sehingga saintis itu sendiri yang menulis mengenai pengalamannya.

Lawatan Hecker ke loji yang sedang menghasilkan minyak reaktor pada tahap rendah itu membuatkan Washington terdiam tanpa kata-kata kerana kegagalan mereka mengesan rancangan Korea Utara lebih awal.

AS menganggap kesukaran untuk melakukan pengintipan di negara berfahaman komunis itu adalah kerana alat komunikasi moden hampir tidak wujud, dan tidak ramai rakyatnya dibenarkan keluar negara serta pelawat asing tidak diterima.

Bijak simpan rahsia


“Masyarakat Korea Utara sendiri tidak berhubung dengan baik. Kerajaan mereka juga tidak berhubung sesama sendiri. Setiap perkara dipecah-pecahkan kepada beberapa bahagian kecil,” menurut Mike Rogers, pengerusi Jawatankuasa Perisikan Kongres AS.

Bruce Klingner, penganalisis kanan CIA mengenai Korea Utara dari 1996 hingga 2001 berkata, memahami Korea Utara sama seperti menyusun suai gambar.

Tetapi Klingner menyangkal kepercayaan ramai bahawa Korea Utara adalah negara miskin dan kuno jadi ia bukanlah lawan yang perlu digeruni kuasa Barat.

“Kita sering menganggap Korea Utara sebagai negara yang kekurangan teknologi tetapi mereka sebenarnya menekankan kemodenan teknologi dalam beberapa aspek penting,” katanya.

Menurut Klingner, keupayaan Pyongyang untuk melancarkan perang siber ke atas negara lain dilihat sama seperti keupayaan CIA.

Pada April lalu, lebih 30 juta pengguna bank Nonghyup di Korea Selatan, iaitu musuh tradisi Korea Utara, tidak boleh menggunakan kad ATM atau mengakses akaun bank mereka secara dalam talian buat beberapa hari.

Dan gangguan itu disyaki berpunca daripada serangan siber dilakukan kerajaan Korea Utara ke atas bank itu.

Cabaran kepada agensi perisikan Barat untuk mendapatkan maklumat mengenai Korea Utara memang besar.

Tidak seperti Iran, di mana kumpulan pembangkang negara itu sering menyalurkan maklumat berharga kepada Barat, Korea Utara adalah negara berfahaman komunis tanpa parti pembangkang.

Washington juga tidak mempunyai kedutaan di Pyongyang untuk digunakan sebagai samaran kepada CIA atau agensi risikan lain dan beberapa pegawai diplomat Barat atau pekerja bantuan asing yang tinggal di negara Asia itu dipantau secara dekat oleh badan keselamatan Korea Utara.

Cubaan untuk mengintip alat komunikasi juga tidak akan berjaya. Tidak ramai penduduk Korea Utara yang menggunakan telefon bimbit dan tiada akses kepada Internet serta sistem komunikasi dicipta kerajaan Korea Utara tidak mudah untuk dipintas.

Keadaan muka bumi Korea Utara yang dipenuhi gunung-ganang turut menyukarkan intipan satelit dilakukan oleh Barat dan markas tentera negara itu disembunyikan di dalam jaringan terowong bawah tanah.

Semua halangan ini menyebabkan agensi perisikan AS gagal untuk meramal dan akan terus berteka-teki mengenai bentuk kepimpinan baru di Korea Utara selepas kematian Jong-il. - Los Angeles Times.

Profil dan Sejarah Negara Korea Utara
Korea Utara adalah salah satu dari sedikit negara komunis yang masih tersisa di dunia. Nama resminya adalah Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK). Negara ini terletak di bagian utara Semenanjung Korea. Laut Timur (atau Laut Jepang) berbatasan dengan Korut di timur, Laut Kuning di barat, Korea Selatan di selatan, dan China serta Rusia di utara. Perbatasan Korea Utara dengan China panjang dan berpegunungan. Perbatasan dengan Rusia sangat sempit, tapi menjadi jalur dengan sekutu yang penting.

Korea terbagi setelah Perang Dunia II (1939-1945). Pada saat itu, Amerika Serikat dan kemudian sekutunya, Uni Soviet, secara temporer membagi semenanjung utara dan selatan. Setelah tiga tahun, dua sektor itu tidak bisa menemukan cara untuk membentuk satu pemerintah. Mereka membentuk dua negara terpisah, masing-masing mengaku sebagai pemerintah tunggal dan sah Korea.

Pada tanggal 25 Juni 1950, Korea Utara menginvasi Korea Selatan dalam upaya untuk menyatukan negara di bawah rezim Komunis. Korea Selatan, dengan bantuan pasukan dari Amerika Serikat dan PBB, menangkis serangan tentara Korea Utara dengan biaya besar.

Sampai hari ini, Korea tetap terbagi. Banyak kalangan di kedua belah pihak berharap untuk melakukann reunifikasi damai. Tapi prioritas pertama Korea Utara adalah mengakhiri siklus kelaparan yang melanda negara itu dalam beberapa tahun terakhir.

Mulai tahun 2006, Korea Utara menguji senjata dan rudal nuklir. Tindakan ini melawan hukum internasional. Hubungan antara Korea Utara dengan Korea Selatan serta sekutunya, Amerika Serikat, semakin memburuk dan jatuh ke level terendah.

Peta Politik Korea Utara

Penduduk

Lebih dari 25 juta orang tinggal di Korea Utara. Mereka jauh terkait dengan orang China dan secara etnis berbeda dengan mereka. Tapi orang Korea Utara lebih dekat dengan orang timur laut China (sebelumnya disebut Manchuria) dan orang-orang dari Mongolia.

Bahasa

Bahasa Korea adalah bahasa Altai, yang berada dalam keluarga bahasa yang sama dengan bahasa Manchuria (atau Tungusik), bahasa Mongolia, bahasa Turki, dan sampai batas tertentu, bahasa Jepang. Bahasa Korea tidak berhubungan dengan bahasa China, tapi telah menggunakan karakter China untuk menulis bahasa mereka, dan kata-kata China tertanam dalam bahasa Korea.

Pada tahun 1440-an, Korea mengembangkan alfabet sendiri (disebut Chosŏn-gul di Korea Utara dan hangul di Korea Selatan). Hari ini di Korea Utara, sebagian besar dokumen, surat kabar, tanda-tanda, dan sejenisnya ditulis dalam alfabet Korea.

Agama

Korea Utara adalah negara komunis yang ketat, di mana semua bentuk agama akan diberangus. Tapi agama diam-diam dipraktekkan di beberapa daerah. Agama-agama tradisional Korea meliputi shamanisme (agama rakyat formal) dan Budha. Orang Korea Utara juga menganut Konfusianisme, filsafat yang mengajarkan perilaku yang bertanggung jawab dan etis. Agama Kristen dan beberapa agama yang lebih baru, seperti Ch’ŏndokyo (“agama cara surgawi”), juga memiliki pengikut di Korea Utara.

Pendidikan

Anak-anak di Korea Utara diharuskan untuk bersekolah selama sebelas tahun, dimulai dengan prasekolah. Setelah itu, sekolah teknis dan perguruan tinggi disediakan. Tingkat melek huruf mendekati 100 persen. Korea Utara memiliki beberapa sekolah pendidikan tinggi. Kim Il Sung University di P’yŏngyang adalah yang paling bergengsi. Lulusan sekolah bisa meneruskan studi lanjutan.

Makanan

Makanan di Korea Utara biasanya dibuat dalam potongan-potongan kecil, dan sebagian besar dimakan dengan sumpit. Pengaturan meja tradisional mencakup sepasang sumpit dan sendok, semangkuk nasi, dan semangkuk sup. Berbagai hidangan ditempatkan di tengah meja dan dibagi oleh semua orang. Hidangan disiapkan dengan bumbu gurih. Lauk khas Korea, kimchi, adalah acar kubis dengan paprika merah pedas. Seafood digemari karena memberikan sebagian besar protein dalam makanan. Tapi unggas, babi, dan daging sapi juga disajikan. Tauge, bean curd (juga dikenal sebagai tofu), dan hidangan kacang lainnya juga sering dihidangkan.

Perumahan

Rumah-rumah tradisional Korea dibangun agar selaras dengan alam. Kebanyakan rumah adalah bangunan berlantai satu. Atapnya dari jerami atau genting. Atap genting menunjukkan status kekayaan. Setiap kamar terbuka ke halaman umum. Di wilayah utara dan pegunungan, halaman sering tertutup untuk melindungi keluarga dari musim dingin. Keluarga urban saat ini tinggal di gedung-gedung apartemen bertingkat tinggi. Baik dalam rumah tradisional dan modern, orang Korea menggunakan sistem pemanas ŏndol. Sistem ini memanaskan setiap kamar dari bawah lantai.

Olahraga dan Rekreasi

Korea Utara adalah peserta setia Olimpiade, Asian Games, Piala Dunia, dan kompetisi internasional lainnya. Mereka menikmati banyak olahraga Barat, seperti basket, sepak bola, dan bola voli. Mereka juga memiliki olahraga unik sendiri, seperti tae kwon do (salah satu seni bela diri) dan ssirŭm, semacam gulat. Anak-anak suka menerbangkan layang-layang dan bermain dengan baju atasan, yang mereka putar-putar selama berjam-jam.


Bentang Alam
Korea Utara memiliki tiga wilayah alam, yakni adalah; 
1 - Dataran Rendah Pesisir Timur, 
2 - Pegunungan Utara, dan 
3 - Dataran Barat Laut. 
Wilayah terbesar adalah Pegunungan Utara, yang mencakup pegunungan Kangnam, Nangnim, dan Hamgyong. Puncak tertinggi, Gunung Paektu, merupakan gunung berapi punah di Pegunungan Mach’ŏl. Tingginya 2.750 meter di perbatasan antara Korea Utara dan China.

Hanya sekitar seperlima dari lahan tersebut yang cocok untuk pertanian. Budidaya padi dan tanaman pertanian lainnya kebanyakan dilakukan di Dataran Barat Laut. Lembah luas di daerah ini adalah tempat tinggal bagi sebagian besar rakyat Korea Utara.

Sungai dan Perairan Pesisir

Korea Utara dibatasi di timur oleh Laut Timur (Laut Jepang). Di sebelah barat adalah Laut Kuning dan lengan utaranya, Korea Bay. Sungai Yalu membentuk perbatasan barat laut dengan China. Sungai Tumen membentuk perbatasan di timur laut dengan Rusia. Sungai Taedong mengalir melalui P’yŏngyang ke Laut Kuning, sedang Sungai Imjin merupakan bagian dari perbatasan dengan Korea Selatan.

Iklim

Korea memiliki dua musim muson, satu di musim panas dan satu lagi di musim dingin. Angin muson musim panas berhembus setiap bulan Juli atau Agustus. Angin ini membawa cuaca panas dan lembab, serta cukup hujan untuk menjaga waduk tetap terisi selama setahun. Sebaliknya, angin musim dingin membawa udara kering dan dingin. Di P’yŏngyang, rata-rata temperatur Juli sekitar 25 °C. Pada bulan Januari, suhunya sekitar -8 C°.

Sumber Daya Alam

Sumber mineral Korea Utara meliputi emas, batubara, dan berbagai jenis bijih. Sungai-sungai dibendung dan dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga air, serta irigasi. Bukit-bukit dulu berhutan dan lebat, tapi sekarang banyak yang dibalak untuk diambil kayu dan bahan bakarnya.

Beberapa praktek pertanian telah meninggalkan banyak tanah yang rentan terhadap erosi. Dalam beberapa tahun terakhir, tanaman telah dirusak oleh banjir dan kekeringan. Akibatnya, pertanian tidak bisa memproduksi cukup makanan untuk memberi makan penduduk. Kelaparan telah menjadi perhatian besar. Korea Utara telah bergantung pada bantuan internasional.


Ekonomi

Setelah semenanjung dibagi pada tahun 1945, ekonomi Korea Utara berada dalam posisi yang jauh lebih baik daripada Korea Selatan. Sebagian besar basis industri berada di utara. Perang Korea menghancurkan ekonomi, tetapi Korea Utara bangkit dengan cepat. Namun pada awal 1990-an, Komunisme runtuh di Eropa Timur dan Uni Soviet. Komunis Korea kehilangan mitra-mitra dagang terbaiknya.

Sejak saat itu, Korea Utara berusaha untuk menjadi mandiri. Tapi hal ini terbukti sulit, terutama yang berkenaan dengan produksi pangan. Banjir dan kekeringan, ditambah dengan kebijakan pertanian yang usang, telah menyebabkan ketergantungan pada pangan impor. Bantuan pangan internasional telah menyelamatkan rakyat Korea Utara dari kelaparan yang meluas sejak tahun 1995.

Pada tahun 1996 dan sekali lagi pada tahun 1998, kelaparan parah terjadi. Kekurangan pangan terus mendera, dan banyak orang Korea Utara menderita kekurangan gizi dalam jangka waktu lama. Sebanyak dua juta warga Korea Utara kemungkinan telah tewas sejak pertengahan 1990-an karena kekurangan pangan. Harapan hidup rata-rata adalah 70 tahun, lebih rendah dibandingkan dengan kebanyakan negara.

Jasa

Sektor jasa, termasuk layanan pemerintah, memberikan kontribusi sekitar 30 persen terhadap PDB.

Manufaktur

Industri Korea Utara menyumbang hampir 50 persen dari perekonomian nasional. Negara ini memproduksi berbagai barang, meliputi produk militer, mesin, listrik, bahan kimia, tekstil, dan makanan. Pertambangan menghasilkan batu bara, bijih besi, batu kapur, magnesium, grafit, tembaga, seng, timah, dan logam mulia.

Pertanian

Sektor pertanian menyumbang 25 persen dari perekonomian negara. Petani Korea memproduksi padi, jagung, kentang, dan kedelai. Mereka juga beternak sapi, babi, dan ayam. Praktek pertanian yang buruk telah membuat banyak tanah Korea Utara rentan erosi. Dan tanaman sering rusak oleh banjir dan kekeringan.

Perdagangan

Ekspor utama Korea Utara meliputi mineral, manufaktur (termasuk senjata), tekstil, dan produk-produk pertanian dan perikanan. Tanpa cadangan minyak bumi, negara ini harus mengimpor sejumlah besar minyak mentah. Impor lainnya mencakup batubara, mesin dan peralatan, tekstil, dan biji-bijian. Mitra ekspor utama negara adalah China, Korea Selatan, dan India. Sedangkan mitra impor utamanya adalah China, Korea Selatan, dan Uni Eropa.

Transportasi

Korea Utara memiliki sistem kereta api yang dikembangkan dengan baik, namun sistem jalan raya kurang berkembang. Negara ini memiliki armada kapal dan bandara aktif yang menangani penerbangan domestik dan internasional.

Komunikasi

Pemerintah mengontrol radio, stasiun televisi, dan pers Korea Utara. Bahkan negara ini sangat membatasi penggunaan internet, kecuali dengan ijin khusus dan kebanyakan hanya untuk tujuan pemerintah.


Kota-kota Besar

P’yŏngyang adalah ibu kota dan kota terbesar Korea Utara. Kota ini juga merupakan pusat ekonomi dan budaya. P’yŏngyang adalah kota modern dengan sistem kereta bawah tanah dan bangunan dan monumen modern. Kota-kota besar lainnya di Korea Utara adalah Hamhung, Ch’ŏngjin Namp’o, Kaesong, dan Sinuiju. Pada tahun 2002, Kaesong, dekat perbatasan Korea Selatan, ditetapkan sebagai kawasan pasar bebas ekonomi khusus.


Warisan Budaya

Beberapa karya seni awal Asia yang paling dikenal adalah mural berusia 2.000 tahun yang ditemukan di sisi makam di wilayah P’yŏngyang. Lukisan-lukisan ini menggambarkan aktivitas yang populer pada waktu itu, seperti berburu, dan menunjukkan gaya berpakaian orang di waktu itu. Pembuatan gerabah mencapai titik tinggi sejak tahun 900-an, pada masa penguasa Koryo. Porselen masyhur yang dikenal sebagai celadon diproduksi pada waktu itu.

Hari ini, seni pertunjukan, terutama menyanyi dan drama, sangat berkembang di Korea Utara. Penggambaran adegan revolusioner dan cerita perjuangan kemerdekaan dan perlawanan dari penindasan luar negeri adalah tema populer. Hungbu dan Nolbu adalah cerita rakyat Korea populer tentang dua bersaudara yang sering dilakonkan di atas panggung, dalam lagu, dan film. Dalam cerita itu, seorang saudara sangat miskin tapi jujur ​​dan baik. Saudara lainnya kaya tapi serakah dan kejam. Kisah dua bersaudara ini sering digunakan untuk mewakili dua negara Korea yang berbeda.


Sejarah dan Pemerintah

Sekitar 2.000 tahun yang lalu, Korea Utara diperintah oleh kerajaan Koguryo yang kuat. Kerajaan ini berbasis di utara Korea Utara, dan menguasai wilayah besar di tempat yang sekarang menjadi wilayah China. Kemudian, kerajaan ini memindahkan ibukotanya ke P’yŏngyang. Akhirnya dua kerajaan lain, Paekche dan Silla, muncul di selatan. Korea memasuki zaman yang dikenal sebagai Tiga Kerajaan.

Pada tahun 600-an Masehi, fokus kekuasaan bergeser ke selatan. Semenanjung ini bersatu di bawah Kerajaan Silla (668-935). Seni dan Budha berkembang. Ketika dinasti Silla jatuh, dinasti Koguryo kembali berkuasa. Pendirinya menyebutnya kerajaan Koguryo Akhir. Kemudian nama ini disingkat menjadi Koryo dan menjadi dikenal di barat sebagai Korea. Dinasti Koryo (918-1392) berbasis di utara, di Kaesong. Dinasti ini memiliki pemerintahan yang damai dan sejahtera, kecuali invasi bangsa Mongol pada pertengahan tahun 1200-an. Orang Mongol menguasai kerajaan dan pemerintah selama sekitar satu abad. Tapi dinasti Koryo tidak jatuh.

Dinasti berikutnya, Chosŏn (1392-1910), memindahkan ibukota selatan ke Seoul, ibukota Korea Selatan masa kini. Dinasti Chosŏn damai dan sejahtera, tapi kerajaan mengalami serangkaian invasi pada akhir tahun 1500-an oleh Jepang dan Manchu. Pada tahun 1637, Korea dipaksa untuk menyatakan loyalitas kepada Manchu. Tapi dinasti Chosŏn terus berlanjut sampai tahun 1910. Pada tahun itu Jepang secara resmi menganeksasi Korea.

Meskipun Korea mencoba untuk mendeklarasikan kemerdekaan mereka pada tahun 1919, Korea tetap menjadi koloni Jepang sampai Perang Dunia II berakhir pada 1945. Korea kemudian diduduki oleh Sekutu. Korea Utara diduduki oleh angkatan bersenjata Uni Soviet dan Korea Selatan diduduki oleh pasukan Amerika Serikat. Garis pemisah ada di titik 38 derajat lintang utara.

Upaya untuk menyatukan kembali dua bagian negara ini gagal. Pada tahun 1948, setelah pemilihan umum yang diawasi oleh PBB, Republik Korea didirikan di selatan. Pada tahun yang sama di utara, Republik Demokratik Korea diciptakan oleh Komunis Uni Soviet. Pada tahun 1950, pasukan Korea Utara menginvasi Selatan dalam upayanya untuk menyatukan Korea secara paksa dibawah kekuasaan komunis.

Dari akhir Perang Dunia II sampai kematiannya pada tahun 1994, pemimpin Korut, Kim Il Sung, memerintah Korea Utara dengan tangan besi. Di bawah kepemimpinannya, tidak ada perbedaan pendapat yang diizinkan. Pada tahun 1997, anak Kim Il Sung, Kim Jong Il, memegang kendali partai yang berkuasa. Tahun berikutnya, dewan legislatif (Majelis Rakyat Agung) menghapuskan kepresidenan. Dewan menunjuk Kim Jong Il menjadi ketua Komisi Pertahanan Nasional, jabatan publik tertinggi di negara ini. Seorang perdana menteri menjabat sebagai kepala pemerintahan.


61 FAKTA TENTANG KOREA UTARA
korut-semestafakta

1. Korea Utara sedikit lebih kecil dari Mississipi. Korea Utara hampir 55% merupakan semenanjung Korea, meliputi 46.540 mil persegi (120.538 km) dari 85.052 mil persegi luas semenanjung (220.283 km2).

2. Didirikan pada tahun 1948, nama resmi Korea Utara adalah Republik Rakyat Korea Demokratis (Democratic People’s Republic of Korea/DPRK). Nama lokal Korea Utara adalah Choson-minjujuui-inmin-koughwaguk atu Choson (Negeri Pagi yang Tenang).

3. Ketika Jepang meyerah kepada pasukan Sekutu pada 15 Agustus 1945, presiden Amerika, Truman dan pemimpin Soviet, Stalin sepakat bahwa Amerika untuk sementara akan bertindak sebagai pengawas separoh bagian selatan Korea dan Uni Soviet akan bertindak sebagai pengawas separoh bagian utara Korea. Langkah sementara ini menjadi ketetapan pada tahun 1948 ketika Korea Utara mendeklarasikan diri sebagai negara merdeka yang berdaulat yang berdasarkan sistem Komunisme.

4. Korea Utara mengalami penggundulan hutan yang cepat, sehingga artileri jarak jauhnya menjadi kelihatan yang sebelumnya tertutup oleh pepohonan. Penggundulan hutan adalah salah satu krisis ekonomi utama yang dihadapi Kore Utara.

5. Meski wilayahnya lebih kecil, Korea Selatan mempunyai jumlah penduduk lebih banyak daripada Korea Utara.

6. Presiden dan pendiri DPRK, Kim Il-sung (1912-1994) mempunyai anak Kim Song-ju, tetapi pada tahun 1935 menggunakan nama Kim Kim Il-sung, yang artinya “menjadi matahari”. Dia dianggap sebagai Presbiterian dan kakeknya adalah seorang pendeta Protestan.

Add caption

7. Istilah Korea, yang diyakini banyak orang diperkenalkan Marco Polo di Eropa, bermakna “negeri gunung tinggi dan cahaya yang berkilauan”

8. Di Korea tidak ada perayaan Natal. Sebagai gantinya dia memperingati kelahiran ibu presiden Kim Jong-il pada tanggal 24 Desember. Korea Utara juga tidak merayakan Hari Valentine, sebagai gantinya dia merayakan “Hari Ulang Tahun Umum” pada 16 Februari. Hadiah Valentine yang paling populer diantara pasangan adalah kotak “lencana Partai Pekerja”.

9. Meski penduduk Korea Utara dan Selatan itu satu bahasa, satu sejarah, dan satu dasar budaya yang sudah ada sejak 5000 tahun, tetapi keduanya tetap berspisah sejak 1948.

10. Jepang dan Rusia adalah yang pertama menyarankan pemisahan Korea pada tahun 1896 sebagai cara untuk mengurangi ketegangan antara dua negara tersebut. Namun, Jepang memperoleh kontrol seluruh negara tersebut pada tahun 1904.

11. Titik tertinggi Korea Utara (pada kenyataannya di seluruh Kore) adalah Gunung Paektu (“Gunung Salju Abadi) yang tingginya 9003 kaki (2744 m). gunung tersebut dikeramatkan oleh seluruh rakyat Korea dan menurut legenda merupakan tempat lahirnya peradaban Korea.



12. Pemerintah Korea Utara secara ketat mengontrol seluruh tingkat pendidikan. Tingkat kemampuan membaca anak berusia 15 tahun ke atas di Korea Utara adalah 99%.

13. Korea Utara mempunyai “Departemen Propaganda dan Agitasi” yang mengontrol seluruh komunikasi. Pemerintah melarang dan menekan seluruh penyiaran asing, dan seluruh stasiun radio dan televisi disiarkan oleh pemerintah.

14. Korea Utara memperkerjakan tenaga kerja wanita sebanyak 49%. Tenaga kerja wanita memperoleh upah lima bulan cuti bersalin, dan jika memiliki tiga anak atau lebih, dia memperoleh upah delapan jam untuk enam jam kerja per hari. Pada tahun 1990-an banyak wanita Korea memegang posisi di pemerintahan dibandingkan wanita Amerika.

15. Korea Utara secara resmi menyembah Kim Jong-il, pemimpin de facto Korea Utara (pemimpin resminya adalah masih ayahnya, Kim Il-sung yang meninggal pada tahun 1994). Menurut cerita penduduk Korea Utara, bahwa Kim Il-sung lahir di Gunung Paektu, seperti dewa mistis. Namun laporan Rusia memperlihatkan bahwa Kim Il-sung sebenarnya lahir di Siberia.

Add caption

16. Tinggi Kim Jong-il hanya 52 inci. Dia memakai bantalan empat inci di bawah sepatunya untuk mengimbangi tubuhnya yang pendek.

17, Kim Jong-il mempunyai koleksi lebih dari 20.000 film, termasuk mengkoleksi seluruh film James Bond.

18. Kim Il-sung (1912-1994) mendirikan idenya sendiri tentang Komunisme yang dinamakan juche sasang (ideologi percaya diri) yang mengkombinasikan antara teori Marx dengan Lenin untuk kepentingan politik Korea Utara. Meskipun juche pada awalnya merupakan ideologi politik, tetapi sekarang terdaftar sebagai agama terbesar kesepuluh di dunia.

19. Usia rata-rata orang Korea Utara adalah 61 tahun untuk laki-laki dan 66 tahun untuk perempuan.

20. Pada bulan Juli 2010 penduduk Korea Utara adalah 22.757.275 menjadikan Korea Utara sebagai negara berpenduduk terbanyak ke-5 di dunia. Amerika adalah negara berpenduduk terbanyak ke-3 di dunia dengan 310.232.863. china adalah negara berpenduduk terbanyak di dunia dengan jumlah penduduk lebih dari 1 milliar.

21. Bendera Korea Utara digunakan pada tahun 1948 dan bergambar bintang merah di dalam pita merah besar dan dua pita putih dan biru yang lebih tipis di atas dan di bawah bendera. Bintang merah melambangkan sosialisme, pita merah menyimbulkan revolusi, dan pita putih yang kecil menyimbulkan kesucian, kekuatan, dan gengsi. Pita biru melambangkan kedaulatan, kedamaian, dan persahabatan.

22. Korea Utara mempunyai tiang bendera terbesar di dunia dengan tinggi 525 inc. Bendera tersebut berbobot sekitar 600 pound.

23. Korea Utara mempunyai tiga host internet. Amerika memiliki host internet terbesar dunia dengan jumlah 439 juta.

24. Sudah bertahun-tahun Korea Utara telah terlibat dengan pengiriman besar heorin dan methamphetamin. Pada bulan April 2003 kapal dagang Pong Su berusaha mengirimkan 150 kg heroin ke Australia.

25. Hanya ada satu partai politik di Korea Utara. Partai Buruh Korea (Korean Workers Party/KWP). Anggota partai tersebut harus memakai lencana “Pemimpin Besar” (Kim Il-sung) pada setiap kesempatan.

26. Korea Utara mempunyai kekuatan militer terbesar ke-4 dunia, dengan personel berjumlah 10 juta. Dengan satu dalam setiap 25 penduduk didaftarkan sebagai tentara, Korea Utara mempunyai prosentase personel militer per kapita tertinggi di dunia. Pada tahun 2001, Korea Utara menghabiskan lebih dari $5 milliar untuk militer, lebih dari 30% dari GDP negaranya. Amerika menghabiskan sekitar 3,7%.



27. Korea Utara diyakini mempunyai cukup plutonium untuk membangun senjata nuklir dan menjadikannya sebagai negara nuklir. Nukilir Korea Utara dapat memicu perlombaan senjata di Asia Timur.

28. Menurut intelijen Amerika, Korea Utara dapat menembakkan rudal yang dapat menjangkau Alaska, Hawai, dan pantai Barat Amerika. Korea Utara mempunyai sekitar 5000 pound senjata biologi dan kimia.



29. Berbeda dengan Korea Selatan yang GDP perkapitanya $18.000, GDP Korea Utara hanya $1000.

30. Kim Il-sung mempunyai daging tumbuh kalsium besar di lehernya yang tidak dapat dibedah yang masih dapat terlihat di tubuhnya yang dibalsem, yang dipamerkan di Istana Peringatan Kumsusan (Kumsusan Memorial Palace). Karena penampilannya yang tidak enak dipandang, dia selalu difoto dari sebelah kiri.

31. Setelah banjir pada tahun 1995, Korea Utara menderita kelaparan, yang menurut laporan Amerika, sekitar 275.000 orang meninggal dunia. Lebih dari 13 juta orang, termasuk 60% anak-anak Kore Utara masih menderita kekurangan gizi.

32. Wajib militer diwajibkan di Korea Utara dan ditempuh selama 5 tahun menjadi tentara atau angkatan laut atau 3 sampai 4 tahun di angkatan udara.

33. Berbeda dengan di Amerika, di mana penduduknya duduk di jungkat-jungkit, Korea Utara dan Korea Selatan berdiri ketika sedang bermain game.

34. Lapangan Kim Il-sung di ibukota Pyongyang itu lebih besar daripada Lapangan Merah Moscow.

35. Zona demiliterisasi di Korea Utara adalah garis batas yang paling ketat penjagaannya di dunia.

36. Tinggi menara Juche Idea adalah 558 m dan dibangun untuk memperingati ulang tahun ke-17 KimIl-sung. Menara tersebut ditutup dengan 25.550 keping batu, yang merupakan jumlah hari dari kehidupan Kim Il-sung.



37. 60% sampai 70% para penyeberang Korea Utara ke China adalah wanita, dan 70% sampai 80% mereka menjadi korban kejahatan perdagangan manusia. Jika pemerintah China menangkap mereka, mereka akan dikirim kembali ke Korea Utara dan akan dihukum. Semua bayi yang berayah China akan dibunuh dan kalau masih dalam kandungan maka akan dipaksa untuk digugurkan.

38. Korea Utara adalah sumber utama perdagangan manusia di China. Harga untuk wanita Korea Utara di China dari beberapa ratus dollar sampai $2000. Mereka sering dijual kepada petani atau kepada orang tua atau orang cacat.

39. Manjoko (“team kepuasan”) terdiri dari para gadis muda yang mendapatkan pelatihan praktik seks untuk memuaskan kalangan pejabat tinggi Korea Utara.

40. Pengantin baru di Korea Utara akan berjanji patuh kepada Kim Il-sung dan Kim Jong-il. Mereka akan menaruh hadiah di kaki patung Kim Il-sung.

41. Berbeda dengan teori masyarakat sosialis yang egaliter, Korea Utara membagi penduduknya menjadi tiga kelas sosial: kelas Loyal (orang teratas di KWP, yaitu keluarga dari pahlawan perang), kelompok biasa, dan kelas tidak loyal (yaitu yang memihak Jepang sebelum Perang Dunia II atau anggota keluarganya melarikan diri dari Korea Utara). Orang yang dalam kelompok tidak loyal dipaksa bekerja di pertambangan atau pertanian.

42. Yang berkuasa di Korea Utara adalah pemerintah dan militer.

43. Mata uang Korea Utara adalah Won, dari yuan China dan yen Jepang. Dalam usaha mengontrol pasar swasta pada tahun 2009, Korea Utara menilai ulang won dengan mengganti uang kertas 1000 won menjadi uang kertas 10 won dan membatasi ketat jumlah mata uang lama yang akan digunakan. Gerakan ini efektif merusak banyak rekening tabungan orang.

44. Pemimpin Korea Utara mempunyai bunga spesial yang dipelihara untuk kehormatannya. Kim Il-sung mempunyai anggrek, kimilsungia, yang dikembangkan untuk dia oleh ahli tanaman dari Indonesia pada tahun 1965. Pada tahun 1988 ahli tanaman dari Jepang menghadiahi bunga begonia yang dinamakan kimjonilia untuk Kim Jong-il.

Add caption

45. Korea Utara menghitung perjalanan tahun dengan kalender juche. Dalam kalender ini, tahun 1 adalah 1912, tahun kelahiran Kim Il-sung. Tahun 2010 dalam kalender juche adalah tahun 99 dan akan ditulis menjadi Juche 99 (2010) atau Juche 99, 2010.

46. Satu-satunya cara bagi warga untuk meninggalkan Korea Utara adalah dengan melarikan diri ke utara melewati batas China atau Rusia, melewati garis batas demiliterisasi yang dipasang ranjau, atau dengan naik boat ke Jepang. Pada tahun 2006, sekitar 40.000 – 50.000 warga Korea utara diyakini hilang di China. Jika mereka ketemu, pemerintah China akan memulangkan mereka ke Korea Utara.

47. Pemerintah Korea utara membanyar untuk semua perawatan kesehatan, meski sekarang sedang menderita beberapa kekurangan peralatan medis. Di beberapa rumah sakit, peralatan bedah tidak digunakan karena para dokter dan perawat tidak tahu bagaimana cara menggunakannya.

48. Pelat cetak Jikji adalah bukti tertua dari cetakan metal yang dapat digerakkan di dunia. Pelat tersebut digunakan untuk mencetak buku di Cheongju, Korea, pada tahun 1377, mendahului 78 tahun buku Gutenberg.

Add caption

49. Sejak tahun 1972, atlet omlimpiade Korea Utara meraih sembilan emas, 12 perak, dan 17 medali perunggu. Mereka juara dalam tinju, angkat besi, judo, dan gulat. Salah satu atlet olimpiade Korea Utara adalah Kye Sun Hui. Pada tahun 1996, pada usia 17 tahun, dia menjadi atlet termuda yang memenangkan medali emas dalam judo.

50. Keluarga Korea Utara rata-rata mempunyai dua anak.

51. Korea Utara adalah negara Stalinis terakhir di dunia.

52. Korea Utara diterima menjadi anggota PBB pada tahun 1991

53. Setelah kematiannya, Kim Il-sung dideklarasikan sebagai “presiden abadi” negara.

54. Korea Utara mempunyai laporan hak asasi terburuk dari semua negara. Penangkapan sewenang-wenang, tidak ada perlindungan, dan hukuman publik adalah sebagai norma.

55. Di kota-kota besar Korea Utara, kaum wanita tidak diperbolehkan memakai celana panjang atau mengendarai sepeda. Rok wanita harus menutupi lututnya.

56. Korea utara mempunyai banyak sumber daya mineral semenanjung, seperti bijih besi kwalitas tinggi, batubara keras mengkilap, batubara muda, batu fosfat, timah, emas, perak, dan tembaga.

57. Sekalipun Perjanjian Armistice pada tahun 1953 telah mengakhiri Perang Korea, baik Korea Utara maupun Korea Selatan menandatangi perjanjian damai, namun mereka masih berperang.

58. Di Korea Utara, ada satu dokter untuk setiap 700 orang dan satu tempat tidur rumah sakit untuk setiap 350 orang. Tingkat kematian bayi adalah 51.34/1,000.

59. Korea Utara menduduki ranking kedua sampai terakhir dalam Indeks Kebebasan press Dunia. (Eritrea adalah yang terakhir).

60. Para penyeberang Korea Utara menggambarkan kehidupan camp penjara, dimana siksaan, pemerkosaan, aborsi paksa dan pembunuhan bayi, kerja paksa, dan percobaan medis sering terjadi.

61. Korea Utara menyebut Perang Korea sebagai Perang Pembebasan Tanah Air, sedangkan Amerika menyebutnya dengan Perang Yang Terlupakan atau Perang Yang Tidak Dikenal. Korea Selatan menyebutnya dengan Perang 6-2-5 (yuk-i-o jeonjaeng) yang merujuk pada tanggal permulaan perang, 5 Juni

Fakta Kekejaman Pemerintah Korea Utara

Add caption
Berikut beberapa kekejaman pemerintah Korea Utara yang saya rangkum dari berbagai sumber..
1. Sindir Kim Jong Un, komedian Korea Utara dihukum kerja paksa

Lee Choon Hong komedian asal Korea Utara dikirim kerja paksa di sebuah tambang batubara lantaran membuat lelucon satir tentang negaranya. Dia menyindir rezim Kim Jong Un dan pemerintahannya.

Menurut the Daily Mail, Chong Hoon membuat lelucon itu saat tampil di sebuah acara di hadapan pekerja proyek pertanian di wilayah Sepo Provinsi Kangwondo di bawah pengawasan langsung Jong Un. Isi leluconnya banyak mengkritik pelbagai kebijakan dan selentingan politik sensitif Ibu Kota Pyongyang.

Bukan sekali ini Chong Hoon dihukum kerja paksa. Pada 2000 dia juga pernah diberikan sanksi sama setelah menyindir pemerintahan ayah Jong Un, Kim Jong Ill.

2. Pria Korea Selatan kabur setelah disekap 41 tahun di Korea Utara

Sejumlah pejabat pemerintah dan pegiat Korea Selatan mengatakan seorang pria Korea Selatan bernama Jeon Wook-pyo, 68, yang diculik dan ditangkap selama 41 tahun oleh Korea Utara akhirnya berhasil kabur melarikan diri dan kembali pulang ke rumahnya.

dilansir dari surat kabar Russia Today, Jeon merupakan salah satu dari 25 anak buah kapal dari para nelayan Korea Selatan yang ditangkap Korea Utara di Laut Kuning pada Desember 1972, Komisi nasional Korea Selatan untuk Perang Korea menyatakan ada 2.265 warga Korea Selatan yang diculik oleh Korea Utara selama dan setelah perang. Pemerintah Korea Selatan mengatakan hampir seratus ribu warga mereka diculik oleh Korea Utara sejak perang itu.

3. Di Korea Utara, Orang Kristen Menjadi kaum Paling Teraniaya di Bumi "Di Korea Utara, warga dipaksa mengikuti ideologi negara yang dikenal sebagai Juche. Sementara orang Kristen di sana menjadi kaum Nasrani paling teraniaya di muka Bumi," kata Foley kepada Fox.
Dia memperkirakan bahwa ada sekitar 100 ribu orang Kristen di Korea Utara. Dilaporkan bahwa sekitar 30 ribu warga Nasrani diyakini ditempatkan di dalam kamp konsentrasi, di mana mereka dipaksa bekerja secara berlebihan, kelaparan, disiksa, dan dibunuh.

Pada 2009, seorang wanita berusia 33 tahun di Korea Utara dieksekusi di depan umum setelah dituduh mendistribusikan Alkitab. Sementara seorang misionaris asal Amerika Serikat, Kenneth Bae, juga ditangkap di Korea Utara dan dihukum 15 tahun kerja paksa atas tuduhan kejahatan melawan negara.

4. Kim Jong-Un Eksekusi Pamannya Buat Makanan Anjing


Menurut laporan sebuah surat kabar punya hubungan dengan Partai Komunis China, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah mengeksekusi pamannya, Jang Song Thaek, bulan lalu untuk makanan 120 anjing lapar.

Menurut sebuah laporan, Jang ditelanjangi dan dijebloskan ke dalam sebuah kandang bersama lima ajudannya. Lalu 120 anjing yang sudah kelaparan karena tidak makan selama tiga hari dimasukkan ke kandang itu untuk memangsa Jang dan lima ajudannya hingga binasa tak bersisa. Hukuman itu disebut "quan jue" atau berarti eksekusi oleh anjing.

Tak hanya mengeksekusi sang paman, kantor berita Korea Utara (KCNA) telah menghapus 35 ribu artikel soal Thaek dan jasanya bagi Pyongyang. Jong Un ingin menghapus nama Thaek dari sejarah.

5. Kim Jong-Un Mengeksekusi Mantan Pacarnya dan Sekutu Pamannya

Kim juga pernah dilaporkan pernah mengeksekusi sekutu pamannya itu dengan menggunakan senapan mesin antiserangan udara lantaran perselisihan bisnis.

Pada Agustus tahun lalu koran Korea Selatan terkenal melaporkan penyanyi Korea Utara Hyon Song-wol, dikenal sebagai mantan pacar Kim, dieksekusi oleh sekelompok penembak.

6. Umat Kristiani Rayakan Natal Dengan Taruhan Nyawa

Korea Utara negara komunis terbesar sejagat ini memang mengharamkan segala bentuk kegiatan berhubungan dengan agama. Bahkan jika ketahuan beragama pun bakal mendapat sanksi.Kristen Korea Utara mencari tempat paling aman demi bersembunyi dari pemerintah hingga mereka bisa khusyuk. Jika tidak, nyawa mereka taruhannya.

Dilansir dari situs crossmap.com, umat Kristiani Korea Utara bisa saja pergi ke Korea Selatan namun ini pun juga pekerjaan rumah cukup berat. Menyeberang ke negara tetangga tidak semudah dibayangkan. Risikonya pun sama. Kematian.

Sudah banyak umat Kristiani negara komunis itu membelot ke Ibu Kota Seoul. Namun mereka pun tidak bisa hidup bebas lantaran mata-mata pemerintah Korea Utara menyebar ke pelbagai tempat dan tidak segan membunuh di tempat jika ketahuan ada warga berkhianat.

7. Marah fotonya dibakar, Kim Jong-un ancam serang Korea Selatan


Korea Utara telah mengirimkan fax ke Korea Selatan dengan mengatakan akan menyerang Negeri Ginseng itu tanpa ampun dan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Surat fax itu dikirimkan setelah sejumlah pegiat di Korea Selatan mengadakan demonstrasi mengecam Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

seperti dilansir surat kabar the Daily Mail, Pesan dalam fax itu menyatakan Korea Utara akan melancarkan serangan jika provokasi dalam bentuk demonstrasi itu masih tetap dibiarkan berlangsung di Ibu Kota Seoul.
8. Warga Korea Utara dihukum mati sebab lihat drama Korea Selatan

Korea Utara secara terbuka menyatakan telah mengeksekusi sekitar 80 orang di 7 kota berbeda . Sebagian besar dari mereka dihukum mati hanya karena menonton acara televisi asal Korea Selatan yang diselundupkan.

Di kota pelabuhan Wonsan, Provinsi Kangwon, pemerintah Korea Utara bahkan mengumpulkan 10 ribu orang di sebuah stadion olahraga untuk melihat eksekusi delapan orang oleh yang dilakukan oleh regu tembak, Sebagian besar dari mereka yang dihukum mati ini didakwa lantaran menonton drama televisi Korea Selatan, yang terlarang di Korea Utara. Sementara lainnya berkaitan dengan kasus prostitusi.

Menonton film-film asing atau televisi yang tidak mendapat izin, terutama yang berasal dari Korea Selatan, merupakan sebuah pelanggaran serius di Korea Utara.
9. Warga Korea Utara dipaksa hafal pidato Tahun Baru Kim Jong-un

Di seluruh dunia, orang-orang merayakan Tahun Baru dengan berbagai cara, dan dengan penuh rasa optimis bahwa tahun baru berarti kesempatan baru untuk mencapai impian mereka.


seperti dilansir situs en.rocketnews24.com, di Korea Utara ini justru menjadi waktu yang sangat dicemaskan bagi warga di sana. Laporan dari China mengklaim bahwa pidato Tahun Baru Kim Jong-un sangat penting, dan melalui perintahnya semua orang di negara itu harus menghafal seluruh pidatonya,


sebagian besar pidato dengan 10.900 karakter dan berdurasi 26 menit 28 detik itu adalah pidato politik omong kosong tentang pembangunan infrastruktur yang sepertinya tidak pernah benar-benar terjadi, seperti di kebanyakan negara lainnya. Secara keseluruhan, pidato Kim tidak terlalu berbeda dengan pidato lain yang dibuat kepala negara, kecuali satu-satunya orang yang dilihat hanyalah Kim Jong-un dan suara tepuk tangan yang seakan serempak seperti satu kesatuan.
Fakta dan Kehidupan di Korea Utara
“Bandar Propaganda ” di lihat dari bahagian Korea Selatan. Ia adalah propaganda kerana tiada seorang pun yang tinggal di bandar tersebut, ia hanya bangunan kosong, kira macam nak tunjuk la kat Korea Selatan. Pada bangunan-bangunan tu pula ia di lengkapi pembesar suara dan setiap hari, 6-12 jam sehari propaganda di mainkan memberi mesej memuji kehidupan di Korea Utara bagus dan aman.



Tak sah bercerita tentang Korea Utara tanpa pemimping agungnya Kim Il Sung pengasas Korea Utara. Patung dia atas setinggi 20 meter.

Sekarang yang memimpin Korea Utara Kim Jong Il. Beliau bukan sekadar pemimpin malah di anggap tuhan oleh rakyat Korea Utara. Ada satu kisah doktor perubatan asing yang merawat rakyat Korea Utara yang berpenyakit mata katarak, anehnya apabila penglihatan mereka kembali pulih, mereka tak berterima kasih pada doktor yang merawat mereka tetapi berterima kasih dan memuji-muji macam orang gila pemimpin agung mereka, Kim Jong Il. Mereke tersangat gembira kerana dapat menatap potret Kim Jong Il. Tak dapat di pastikan adakah mereka takut atau otak mereka sudah di 'brain wash' oleh rejim komunis.




 Pemandu pelancong Korea Utara mesti lah yang cun dan terpilih.
Jalan-jalan di sana sangat lah luas tetapi krang kenderaan sebab miskin.

Gambar satelit waktu malam di Korea Utara berbanding Korea Selatan. Memang miskin, semua pakai pelita.
Oleh kerana nak jimatkan letrik, pengawal trafik wanita di gunakan.
Propaganda komunis melawan Amerika.
Hanya kanak-kanak biasa bersama keluarga di stesen keretapi tapi bila nak tangkap gambar secara spontan kanak-kanak ini membuat tabik. Didikan komunis pada kanak-kanak.
Lihat permainan mereka, gambar tentera Amerika di jadikan sasaran.
Pada harijadi Kim Jong Il, rakyat di wajibkan menyambut perayaan ini.


Mass games hanya di raikan di Korea Utara melibatkan 10,000 orang. Apa yang menarik, gambar latar di belakang tu bukanlah tv atau projektor tetapi adalah lautan manusia yang kad di tangan mereka dan membentuk pelbagai formasi menarik. - (Dari berbagai sumber)

PELURU BERPANDU KOREA UTARA BOLEH SAMPAI KE MALAYSIA?


Ayman Rashdan Wong
Perkataan yang paling hangat diperkatakan dalam dunia geopolitik 2-3 hari ini ialah THAAD.

Sementara kita dan Korea Utara menarik tali, Kim Jong-un turut melancarkan 4 biji peluru berpandu ke Laut Jepun pada Isnin yang lalu (6 Mac). Ke laut, 'literally', kesian ikan salmon dalam laut. Pahlawan kekunci yang baru berjinak-jinak nak jadi pakar senjata terus lemah semangat dan meminta kerajaan kita mengalah. 'Habislah kita, nuklear depa boleh sampai kat Malaysia kot!' ujar mereka.

Selama ini saya menolak kemungkinan Korea Utara menyerang Malaysia menggunakan peluru berpandu, kerana ia adalah di luar kepentingan strategik Korea Utara, sedangkan peluru berpandu adalah aset strategik Korea Utara. Tetapi, kalau, kalau lah, Kim Jong-un tiba-tiba naik sawan dan ingin menyerang Malaysia, adakah peluru berpandu Korea Utara yang membawa kepala peledak nuklear ('nuclear warhead') mampu mengancam keselamatan Malaysia?

Jawapannya TIDAK. Sebab yang pertama: jarak minimum di antara tempat pelancaran peluru berpandu Korea Utara (Hwadae) dan Malaysia ialah 4,210km (Kudat) hingga 4,952km (Kuala Terengganu). Untuk menyerang Malaysia, Korea Utara memerlukan peluru berpandu balistik antara benua ('inter-continental ballistic missile' - ICBM) yang boleh terbang sejauh 5,000km. Namun Korea Utara tidak berjaya membangunkan ICBM. Percubaan terakhir Korea Utara menguji ICBM bernama 'Taepodong-2' pada tahun 2006 telah gagal.

Yang Korea Utara main tembak ke laut Jepun itu ialah peluru berpandu jarak pendek ('short-range ballistic missile' - SRBM - maksimum 600km), jarak sederhana ('middle-range ballistic missile' - MRBM - maksimum 1,300km) dan jarak perantaraan ('intermediate-range ballistic missile' - IRBM - maksimum 3,500km). Antara peluru berpandu yang dimiliki Korea Utara ialah Scud-C (SRBM), Rodong-1 dan Rodong-2 (MRBM) dan Taepodong-1 dan Musudan (IRBM).

Paling jauh Korea Utara boleh pergi ialah 2,500km dengan Taepodong-1. Korea Utara kata mereka boleh pergi sampai 4,000km dengan Musudan, namun tiada bukti bahawa Musudan boleh berfungsi. Sasaran utama Korea Utara ialah Korea Selatan dan Jepun. Tetapi kebanyakan masa peluru berpandunya jatuh ke laut. Sejak tahun 1993, pelancaran peluru berpandu Korea Utara tidak pernah mencederakan seekor kambing pun.

Sebab yang kedua: jangan kata Malaysia, ruang udara Korea Selatan pun Korea Utara tidak dapat menembusi. Ini kerana tindakan melulu Kim Jong-un pada Isnin lepas telah membolehkan Amerika Syarikat menyempurnakan sistem pertahanan peluru berpandu 'Theater Missile Defense' (TMD) yang dibangunkan selepas Korea Utara melancarkan Taepodong-1 pada 31 Ogos 1998. Tujuannya adalah untuk melindungi sekutunya, Jepun dan Korea Selatan.

Konsep pertahanan peluru berpandu ('missile defense') adalah memusnahkan peluru berpandu menggunakan peluru berpandu yang bertindak sebagai penangkis ('interceptor'). Peluru berpandu yang dilancarkan ke udara akan melalui 4 fasa: 'boost', 'ascent', 'mid-course' dan 'terminal'. Apabila peluru berpandu berada di fasa 'boost' atau 'ascent', radar dalam sistem akan dapat mengesan ia dan memberi isyarat kepada penangkis untuk menembak jatuh ('hit-to-kill') peluru berpandu ketika ia memasuki fasa 'terminal'. Jadi, peluru berpandu dimusnahkan sebelum ia sempat mendarat dan meletup. Dengan itu, 'missile defense' juga dikenali sebagai 'missile shield' kerana ia umpama perisai yang memayungi objek lindungan daripada ancaman peluru berpandu.

Pada asalnya, sistem 'Patriot' digunakan ('Patriot' = Phased Array Tracking to Intercept of Target’). Ia dapat menangkis peluru berpandu di altitud 40km. Namun, pada Mac 2014, Korea Utara telah membuat sedikit inovasi: Korea Utara melancarkan Rodong di altitud yang lebih tinggi, walaupun jarak dipendekkan, supaya ia dapat mengelak Patriot. Jadi, THAAD ('Terminal High Altitude Area Defense') telah diperkenalkan untuk 'counter' balik taktik baru Korea Utara. THAAD boleh memintas peluru berpandu yang terbang di altitud melebihi 40 km. Dengan adanya THAAD, Patriot (model PAC-2/3) dan Aegis (di laut), sistem TMD Amerika hampir sempurna untuk melindungi sekutunya di Asia Timur.

China yang paranoid sentiasa melihat diri sebagai sasaran THAAD yang sebenarnya, 'ancaman Korea Utara' cuma alasan yang direka Amerika, katanya. Walaupun THAAD direka khas untuk memintas SRBM dan MRBM, bukan ICBM China yang mensasarkan Amerika, namun sistem radar THAAD dapat memantau dan mengesan pergerakan ICBM China dan memberi isyarat kepada sistem 'National Missile Defence' (NMD) di Amerika.

Jadi, sejak tahun 1998 lagi China cuba mempengaruhi Korea Selatan supaya tidak menerima sistem TMD Amerika. China sanggup menjadi orang tengah di antara Korea Utara dan Korea Selatan dalam rundingan menyelesaikan masalah ancaman nuklear Korea Utara. China melarang Korea Utara membuat provokasi. Zaman Kim Jong-il, boleh lagi. Namun Kim Jong-un yang berdarah muda suka melakukan provokasi yang merosakkan geostrategi China. Sifat liar dan angkuh Kim Jong-un menyebabkan dia tidak serasi dengan Beijing. Sehingga hari ini, Kim Jong-un masih belum bertemu dengan pemimpin tertinggi China, sesuatu yang luar biasa dalam hubungan dua hala China dan Korea Utara.

Selepas Kim Jong-un menguji bom hidrogen pada Januari 2016, Korea Selatan telah memutuskan pada Februari 2016 untuk membeli THAAD. Tindak balas China ialah suruh rakyatnya memboikot barangan Korea Selatan. China cuba memaksa Korea Selatan mengubah fikiran melalui tekanan ekonomi. Walaupun skandal presiden Park Geun-hye membawa harapan penundaan pemasangan THAAD, sekiranya Moon Jae-in (seorang yang bersimpati dengan Korea Utara) menjadi presiden baru. Namun tindakan Kim Jong-un pada Isnin lepas telah memuktamadkan penempatan THAAD di Korea Selatan, pada tarikh keramat 7 Mac 2017. China sekarang betul-betul menyampah dengan Kim Jong-un.

Adakah Malaysia mempunyai sistem pertahanan udara yang dapat menangkis serangan peluru berpandu? Jawapannya ADA. Malaysia memiliki sistem peluru berpandu permukaan-ke-udara ('surface-to-air missile' - SAM) yang memainkan peranan seakan sama dengan THAAD, antaranya Rapier. Kalau peluru berpandu Korea Utara berjaya memasuki ruang udara Malaysia pun, ia pun boleh ditembak jatuh.

Hanya pahlawan kekunci yang tak tahu hujung pangkal sistem pertahanan dan keselamatan negara akan gelabah dan meroyan tak tentu pasal. Ya, peluru berpandu boleh sampai. Sampai dalam mimpi awak.

Ayuh mari kita memperkasakan ilmu ketenteraan!

Nota kaki: 'missile defense' dan 'nuclear deterrence' adalah antara subjek kesukaan saya dan saya pernah mengulas pasal ia di sini
 (https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10205625723922030&set=a.1494100212092.57754.1821685114&type=3&permPage=1) dan sini (https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10205906382658323&set=a.1494100212092.57754.1821685114&type=3&permPage=1), jadi, tak ada lah 'pakar jadian' atau 'pakar mee segera' sangat.

AMUKANMELAYU - Teringatkan LKY di akhir usianya datang ke Malaysia dengan membawa beberapa orang Pelajar Universiti Singapura yang membuat Kajian KHUSUS tentang Rosmah, Tok Guru Nik Aziz, dan beberapa orang lagi tokoh Melayu....Untuk apa ya?